Rabu, 24 Juni 2015

Berbagai Buah Penurun Hipertensi

Berbagai Buah Penurun Hipertensi



Berbagai Buah Penurun Hipertensi,- Buah penurun darah tinggi adalah salah satu solusi terbaik bagi Anda para penderita hipertensi. Pasalnya selain lebih alami dibadingkan dengan obat-obatan kimia, Anda juga akan mendapatkan khasiat lain dari buah-buahan yang Anda konsumsi yang membuat Anda semakin sehat. Kita ketahui bersama bahwa hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi ini adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Bukan saja hanya akan menyusahkan kehidupan para penderitanya, namun penyakit ini juga bisa mengakibatkan kematian bagi penderitanya. Dan pada dasarnya, sebenarnya banyak sekali cara atau metode untuk mencegah atau menyembuhkan hipertensi. Konsumsi makanan-makanan alami termasuk buah penurun darah tinggi adalah salah satu alternatif pilihan saat Anda merasa bosan dan tidak mau terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan kimia.

Sebelum membahas lebih jauh mengeanai berbagai macam jenis makanan dan juga buah-buahan yang disarankan untuk para penderita hipertensi, kita ulas lagi terlebih dahulu mengenai apa itu penyakit hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi. Penyakit hipertensi ini merupakan salah satu jenis penyakit kelainan jantung dan juga kelainan pembuluh darah yang kemudian menyebabkan meningkatnya tekanan darah seseorang. Dan sampai saat ini, tak bisa dipungkiri bahwa hipertensi adalah salah satu penyebab utama dari stroke dan juga serangan jantung. Jadi penderita hipertensi disarankan sangat berhati-hati dan segera menangani penyakitnya tersebut agar tidak memicu munculnya penyakit lain yang lebih mematikan.

Penyakit hipertensi pada umumnya terjadi pada orang dewasa, namun tak jarang penyakit ini juga diderita oleh anak-anak atau remaja, bahkan ada juga kemungkinan hiperrtensi diderita oleh bayi. Kemungkinan-kemungkinan ini tentunya menjadi sinyal peringatan bagi Anda untuk lebih berhati-hati dan menjaga keluarga Anda agar tidak mengalami hipertensi. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan penyakit hipertensi, namun ada banyak cara pula untuk bisa mencegah atau menyembuhkan hipertensi. Buah penurun darah tinggi dan sayuran penurun darah tinggi adalah salah satu solusi bagi para penderita hipertensi atau siapapun yang masih sehat agar tidak mengalami hipertensi.
Memangnya buah dan sayuran apa saja yang dinilai bia menurunkan tekanan darah tinggi? Berikut informasi selengjkapnya.
  • Mengkudu
Mengkudu adalah salah satu buah yang cukup mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita. Dan meskipun rasanya tidak terlalu enak, akan tetapi ternyata mengkudu menjadi salah satu jenis buah penurun darah tinggi. Buah mengkudu diketahui mengandung beberapa nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Kandungan protein, vitamin dan juga berbagai mineral penting banyak tersimpan dalam buah dan juga daun pohon buah mengkudu yang juga dinilai bisa membantu meredakan hipertensi. Dan kandungan selenium yang terkandung dalam buah mengkudu ini berperan sebagai antioksidan yang bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan.
  • Ketimun
Anda mungkin sangat sering mengonsumsi makanan ini untuk lalapan. Namun demikian, selain rasanya yang nikmat saat dicocol dengan sambal ternyata ketimun juga memiliki khasiat untuk meredakan hipertensi. Maka jangan heran jika Anda melihat seorang penderita hipertensi sangat sering mengonsumsi ketimun. Kandungan mineral potasium yang banyak terdapat pada ketimun inilah yang membuat ketimun cukup efektif untuk melawan hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  • Pisang
Tahukah Anda bahwa selain menjadi buah penurun kolesterol, pisang juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi? Buah yang terkadang berwarna kuning atau hijau ini ternyata mengandung banyak kalium dan beberapa kandungan penting yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain rasanya yang nikmat, buah pisang juga sangat mudah ditemukan. Bahkan pohonnya pun pasti sangat mudah ditemukan di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, bagi Anda para penderita hipertensi mungkin bisa menjadikan pisang sebagai cemilan sehari-hari sekaligus sebagai buah penurun darah tinggi yang wajib Anda konsumsi.
  • Tomat
Buah tomat juga menjadi salah satu buah yang masuk dalam daftar buah dan sayuran yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan kalsium, magenesium, vitamin C, D, dan E yang banyak terdapat dalam buah tomat ini dinilai cukup efektif untuk memerangi hipertensi. Sebagai buah dengan rasa yang unik ini tomat sudah cukup teruji sebagai buah penurun darah tinggi. Fakta ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Univeritas Ben Gurion yang melakukkan pengujian menggunakan buah tomat sebagai salah satu makanan penurun darah tinggi yang bisa menurunkan tekanan darah dalam waktu 16 hari.
  • Bawang Putih
Bawang putih memang tidak masuk dalam kategori buah atau sayuran. Namun banyak orang yang tidak mengetahui bahwa degan mengonsumsi satu siung bawang putih saja ternyata bisa membantu mencegah pembekuan darah, penebalan pada pembuluh darah, dan mencegah penyumbatan pada jantung. Oleh karena itu, saat ini di pasaran juga banyak ditemukan obat-obatan herbal yang memanfaatkan kandungan-kandungannya untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Jadi selain mengonsumsi sayur atau buah penurun darah tinggi, Anda juga bisa lebih sering mengonsumsi bawang putih agar tekanan darah Anda menjadi lebih stabil.

Itu tadi adalah beberapa contoh cara mencegah hipertensi dengan buah, sayuran dan juga makanan tambahan yang ternyata cukup ampuh untuk memerangi penyakit ini.

Sumber: Berbagai Buah Penurun Hipertensi

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes