Senin, 27 April 2015

Pengobatan Tradisional Hipertensi Dengan Belimbing Wuluh

Pengobatan Tradisional Hipertensi Dengan Belimbing Wuluh

Pengobatan Tradisional Hipertensi Dengan Belimbing Wuluh,- Tekanan darah tinggi atau disebut juga hipertensi  merupakan penyakit yang cukup berbahaya dan merupakan  salah satu faktor utama dari penyait stroke, jantung dan ginjal dan lebih parahnya dapat mengakibatkan kematian. Penyakit hipertensi juga sering disebut sebagai silent killer  dan pada umumnya penderita tidak mengetahui dirinya  mengalami hipertensi sebelum memeriksakan tekanan darahnya.

Penyakit hipertensi merupakan suatu kondisi dimana  tekanan darah mengalami kenaikan hingga mencapai tingkat  diatas normal. Penyakit darah tinggi dapat disebabkan oleh  beberapa faktor yang berhubungan dengan gaya hidup,  seperti diet yang buruk, merokok, kurangnya aktifitas fisik  dan stress.

Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengobati  hipertensi, seperti salah satunya dengan menggunakan  belimbing wuluh. Seperti yang kita ketahui, belimbing wuluh  biasa digunakan sebagai pelengkap pada berbagai macam  masakan untuk menggantikan cuka, jeruk nipis, karena mempunyai rasa kecut dan masam. Buah belimbing wuluh ini  memiliki bentuk yang khas yaitu berbentuk bulat panjang.  Dibalik keunikannya, belimbing wuluh ini memiliki berbagai  macam khasiat yang baik bagi tubuh, diantaranya untuk  mengatasi tekanan darah tinggi, jerawat, batuk, diabetes,  rematik, gondongan, sariawan, sakit gigi, gusi berdarah,  hingga sebagai antibakteri. Dalam beberapa catatan medis  didalam belimbing wuluh mengandung senyawa kimia  seperti saponin, tanin, glukosid, kalsium oksalat dan sulfur. Rasa asam yang ditimbulkan pada buah ini berasal dari asam  format, peroksida dan kalsium sitrat.

Untuk mengatasi penyakit hipertensi, penderita dapat  mengonsumsi air perasan belimbing wuluh secara rutin.  Caranya ambil beberapa buah belimbing wuluh, kemudian  tumbuk atau parut dan peras airnya. Anda dapat  mengonsumsi air perasan belimbing wuluh tersebut 2  hingga 3 kali sehari.

Selain menggunakan air perasannya, cara lain yang dapat  dilakukan untuk mengolah belimbing wuluh yaitu dengan menggunakan air hasil rebusan dari belimbing wuluh tersebut. Caranya ambil 3 buah belimbing wuluh dan cuci hingga bersih.  Potong kecil-kecil kemudian rebus dengan menggunakan 3  gelas air. Biarkan hingga tersisa satu gelas air. Diamkan  hingga dingin, saring air hasil rebusan tadi kemudian  ramuan tadi dapat diminum setelah makan pagi.

Pentin untuk diperhatikan, Bagi penderita hipertensi yang  didalam urinnya mengandung kristal oksalat disarankan  tidak menggunakan ramuan ini, karena bahan tersebut mengandung asam oksalat. Dan bagi penderita hipertensi  dengan gangguan pada lambung seperti magg juga tidak disarankan menggunakan ramuan ini karena rasanya yang asam dikhawatirkan dapat meningkatkan asam lambung.  Anda dapat mengganti belimbing wuluh dengan belimbing manis.

Selain itu, untuk mengatasi hipertensi belimbing wuluh juga  dapat dikombinasikan dengan seledri. Berikut cara  membuatnya :
  • Bahan
  1. Belimbing wuluh 100 gr
  2. Seledri batang besar 100 gr
  3. Air matang 1/2 gelas
  4. Es serut 1/2 gelas
  • Cara Pembuatan
  1. Campurkan semua bahan tersebut kemudian blender  campuran bahan tersebut
  2. Hidangkan dengan es
  3. Untuk menambah kenikmatannya, bisa ditambah dengan  madu

Itulah beberapa resep belimbing wuluh yang dapat  digunakan dalam mengatasi hipertensi. Semoga bermanfaat  dan dapat memberikan manfaat bagi Anda.
Selamat Mencoba.

Sumber: Pengobatan Tradisional Hipertensi Dengan Belimbing Wuluh

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes