Selasa, 25 November 2014

Sering Marah-marah dan Cerewet Tanda Hipertensi? Ini Kata Dokter

Sering Marah-marah dan Cerewet Tanda Hipertensi? Ini Kata Dokter

http://maulanasuherman.blogspot.com/2014/11/jantung-berdebar-debar-grogi-atau.html
Sering Marah-marah dan Cerewet Tanda Hipertensi? Ini Kata Dokter,- "Marah-marah terus, darah tinggi ya?" Perkataan tersebut seringkali terdengar dimasyarakat awam. Sering marah-marah atau cerewet dianggap sebagai ciri seseorang yang mengidap darah tinggi. Apakah benar seperti itu?

Prof Dr dr Moh. Hasan Machfoed Sp.S(K), M.S, mengatakan bahwa seseorang yang sering marah-marah atau cerewet tidak selalu memiliki penyakit hipertensi. Menurutnya, hipertensi tidak memiliki kaitan dengan kecenderungan seseorang untuk marah-marah atau cerewet.

"Sering marah-marah atau cerewet itu kan lebih kepada faktor psikologis. Jadi tidak ada hubungannya dengan hipertensi," ujar dokter yang juga ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf tersebut.

Lebih lanjut, Dr dr Yuda Turana Sp.S mengatakan bahwa marah-marah dan cerewet merupakan salah satu tanda seseorang sedang mengalami stres. Sedangkan stres merupakan salah satu penyebab seseorang mengidap hipertensi atau darah tinggi.

"Jadi lebih tepat jika dibilang marah-marah atau cerewet itu sebagai penyebab hipertensi. Bukan hipertensi menyebabkan seseorang menjadi sering marah-marah atau cerewet," ujar Dr Yuda.

Hipertensi menurutnya bukan hanya merupakan masalah bagi pasien dan dokter saja, namun merupakan masalah bersama seluruh rakyat Indonesia. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 yang dimiliki Kementerian Kesehatan, prevalensi penduduk dengan hipertensi mencapai 25,8 persen. Sementara itu, hanya 24 persen kasus hipertensi yang terdeksi di masyarakat.

"Kan itu masalah besar. 76 persen sisa kasusnya tidak terdeteksi dan tidak mendapat pengobatan. Yang lebih parah, 1 dari 4 orang di Indonesia memiliki hipertensi. Ini yang harus kita pikirkan bersama, bukan hanya dokter saja," pungkas Dr Yuda.

Sumber: Sering Marah-marah dan Cerewet Tanda Hipertensi? Ini Kata Dokter

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes