Jumat, 01 Mei 2015

Bahaya Penyakit Hipertensi Yang Tidak Terkontrol

Bahaya Penyakit Hipertensi Yang Tidak Terkontrol

Bahaya Penyakit Hipertensi Yang Tidak Terkontrol,- Banyak orang yang sering tidak memperdulikan dengan penyakit yang mereka alami, salah satu contohnya adalah penyakit hipertensi.  Mereka sering menganggap sepele penyakit hipertensi karena tidak menimbulkan masalah yang cukup serius  dan dianggap tidak mengganggu kegiatan penderitanya.Padahal, tekanan darah yang tidak terkontrol dapat membahayakan bagi berbagai organ tubuh, terutama yang terkait dengan pembuluh darah.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi termasuk silent killer, karena secara diam-diam penyakit ini dapat membahaykan penderitanya, bahkan dapat menimbulkan kematian. Tanpa gejala dankeluhan yang serius, gangguan tekanan darah tinggi ini rentan berkembang  dan memicu berbagai penyakit yang cukup serius,  seperti penyakit jantung, gagal ginjal, dan stroke.

Mengenal bahaya penyakit hipertensi yang tidak terkontrol sangatlah penting bagi setiap penderitanya. Hal tersebut dimaksudkan  agar para penderita termotivasi untuk menghindari komplikasi yang dapat timbul jika hipertensi tidak  terkontrol. Bahay yang yang dapat timbul akibat dari  tidak terkontrolnya hipertensi yaitu :
  • Kerusakan Pada Paembuluh Darah Arteri

Arteri merupakan pembuluh darah yang membawa nutrisi  serta oksigen ke seluruh tubuh, normalnya fleksibel  dan elastis. Jika hipertemnsi tidak terkontrol,  kerusakan dan penyempitan arteri atau yang sering  disebut dengan arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah) dan aterosklerosis (penyempitanpembuluh darah)  dapat terjadi yang akan berdampak pada mata, ginjal,  jantng, tangan dan kaki. Akhirnya pasien bisa  mengalami nyeri dada, gagal jantung, serangan  jantung, stroke, sumbatan arteri ditangan dan kaki,  kerusakan mata hingga pada aneurisma (kelemahan pada  dinding artaeri sehingga membentuk seperti bendungan dan jika pecah dapat menyebabkan kematian).
  • Kerusakan Pada Jantung
Didalam tubuh jantung berfungsi sebagai pemompa darah  ke seluruh tubuh. Hipertensi yang tidak terkontrol  dapat menyebabkan kerusakan arteri jantung sehingga  aliran darah tidak lancar ke jantung. Hipertensi menyebabkan jantung bekerja lebih keras, sehingga terjadi pembengkakan pada jantung dan lama kelamaan  otot jantung akan melemah dan tidak dapat bekerja  secara efektif, sehingga dapat menyebabkan gagal  jantung. Kerusakan ini memang jarang menimbulkan  gejala, namun akibat yang ditimbulkan akan sangat  fatal.
  • Kerusakan Pada Otak
Otak merupakan organ yang membutuhkan supali oksigen  dan nutrisi, sehingga dapat bekerja secara efektif.  Namun, hipertensi dapat menyebabkan kerusakan pada  pembuluh darah otak, maka yang paling sering terjadi  akibat hal tersebut adalah stroke.
  • Kerusakan Pada Ginjal
Seperti halnya pada organ sebelumnya, hipertensi juga  dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah ginjal, sehingga ginjal tidak berfungsi secara efektif yang dapat mengakibatkan terjadinya gagl  ginjal dan aneurisma pembuluh darah ginjal dapat  terjadi.
  • Kerusakan Pada Mata

bahay penyakit hipertensiPembuluh darah mata juga dapat rusak akibat dar hipertensi yang tidak terkontrol, sehingga suplai  oksigen dan nutrisi tidak sampai dengan baik ke  retina mata. Jika hal tersebut terus dibiarkan, maka penglihatan akan menurun hingga dapat menyebabkan kebutaan. Selain hipertensi, diabetes juga dapat  memperparqah kerusakan tersebut.
  • Disfungsi Seksual
Hipertensi yang tidak terkontrol pada pria dapat  menimbulkan ereksi dikarenakan terjadinya aterosklerosis pada pembuluh darah penis. Sedangkan pada wanita diketahui dapat terjadi penurunan aliran  darah ke vagina yang tentu saja dapat berakibat  terganggunya kehidupan seksual.

Itulah beberapa bahaya yang dapat timbul akibat dari  hipertensi yang tidak terkontrol. Semoga artikel  tersebut dapat memberikan sedikit pengetahuan mengenai bahaya penyakit hipertensi tang tidak terkontrol. Melakukan pencegahan dengan memperbaiki pola hidup kita akan  bisa mengontrol tekanan darah kita. Jika telanjur  telah mengidap hipertensi, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan dokter dan mengikuti terapi  yang disarankan. Semoga bermanfaat.

Sumber: Bahaya Penyakit Hipertensi Yang Tidak Terkontrol

Baca Juga: Cara Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes